Kaleidoskop 2008 Versi "Share It To You"

Sebenarnya saya ingin menulis posting ini di akhir tahun 2008. Tapi berhubung saat itu blog ini masih "undercontruction", jadi baru sekarang saya bisa posting tulisan ini. Walaupun agak sedikit terlambat buat posting dengan judul ini, tapi tidak ada salahnya bila kita melihat kembali moment-moment menarik yang terjadi selama tahun 2008.

Walaupun sudah banyak blog-blog, website, bahkan media cetak yang menuliskan tentang kaleidoskop tahun 2008, tapi saya tetap berkeinginan untuk menulis kaleidoskop tahun 2008 versi saya sendiri. Mungkin akan ada beberapa kesamaan moment dengan kaleidoskop dari sumber lain, karena saya mengumpulkan data dari berbagai sumber. Okay, sekarang silahkan simak ulasan berikut mengenai kaleidoskop tahun 2008. Check this out!!!!

Januari 2008
  • Mantan Presiden Indonesia, Suharto yang pernah memimpin selama 32 tahun, tutup usia di Jakarta hari Minggu 27 Januari 2008 pada usia 86 tahun. Ia meninggal di Rumah Sakit Pertamina Pusat Jakarta pada pukul 13.10 WIB setelah 3 minggu diopname sejak 4 Januari 2008, disebabkan oleh komplikasi jantung, paru-paru dan ginjal.


Februari 2008
  • Minggu, 17 Februari 2008 Parlemen Kosovo menyatakan kemerdekaannya dari Serbia. Proklamasi kemerdekaan berlangsung pada sidang luar biasa parlemen di ibukota Pristina. Niat untuk memerdekakan diri sejatinya telah dikehendaki sejak tahun 1990 setelah komunis runtuh dan Yugoslavia bubar. Namun Serbia berusaha untuk mencegahnya. Amerika Serikat mendukung kemerdekaan negara dengan mayoritas penduduk muslim tersebut.
  • Fidel Castro, pemimpin komunis menyatakan mundur dari jabatannya sebagai Pemimpin Kuba pada 19 Februari 2008 karena alasan usia dan kesehatan setelah berkuasa sejak 1959. Selanjutnya ia digantikan adiknya Raul Castro.


Maret 2008
  • Festival musik jazz Dji Sam Soe Super Premium Jakarta Internasional Java Jazz Festival (JJF) 2008 dihelat pada 7, 8, dan 9 Maret 2008, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.
    Sejumlah musisi jazz dalam negeri dan mancanegara pun tampil disini. Sebut saja, Manhattan Transfer, Bobby Caldwell, James Ingram, Kazumi Watanabe. Sedangkan, musisi jazz Indonesia antara lain, Dian Pramana Putra, Bali Lounge, Eki Puradireja, Idang Rasidi. Ada juga penyanyi muda Barry Likumahuwa, Afgan, RAN, serta 5 Wanita yang terdiri dari Yuni Shara, Rika Roeslan, Iga Marwani, Andien, dan Nina Tamam.
  • Majalah Forbes menempatkan pebisnis AS Warren Buffett sebagai orang terkaya di dunia dengan kekayaan 62 miliar dolar AS, menggeser pendiri Microsoft Bill Gates.




April 2008
  • “Save Our Music”, itulah tema yang diussung tahun ini dalam pagelaran Anugerah Musik Indonesia (AMI) ke-11 yang dilangsungkan di Istora Senayan Jakarta, Selasa (15/4/2008) malam. Sebanyak 49 piala dibagikan kepada insane musik Indonesia yang dibagi menjadi 34 kategori.
    Para pemenangnya antara lain: Album terbaik Ungu judul Surgamu, Artis solo pria terbaik Ari Lasso dengan lagu Cinta Terakhir, Kategori artis solo wanita terbaik diberikan pada Rossa dengan lagu Ayat-Ayat Cinta dan lagu terbaik diberikan pada GIGI dengan lagu 11 Januari.
Mei 2008
  • Piala Thomas-Uber Cup 2008 diselenggarakan di Istora, Senayan, Jakarta, Indonesia dari 11 Mei 2008 – 18 Mei 2008. Target Tim Thomas Indonesia ialah merebut kembali Piala Thomas dari China, namun harapan itu pupus ketika Indonesa dikalahkan oleh Tim Thomas Korea Selatan di semifinal. Meski Tim Thomas Indonesia gagal namun prestasi Tim Uber Indonesia cukup membanggakan, yaitu berhasil masuk ke babak final dan bertanding melawan Tim Uber China meski akhirnya kalah. Tim China akhirnya berhasil mengawinkan gelar juara Piala Thomas dan Uber 2008.
  • Puncak peringatan Seabad Kebangkitan Nasional dirayakan secara besar-besaran di Gelora Bung Karno pada 20 Mei 2008. Dalam perayaan bertema “Indonesia Bisa” yang disiarkan oleh seluruh stasiun televisi di Indonesia ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajak seluruh Indonesia untuk bersatu. “Saya ajak seluruh Indonesia untuk menyatukan tekad menuju Indonesia maju dan sejahtera di abad 21.”

  • Setelah pihak kerajaan dikalahkan oleh kelompok Maois, parlemen Nepal menyetujui berakhirnya sistem monarki yang telah bertahan selama 250 tahun dan mendirikan Republik Nepal yang sekuler pada 28 Mei 2008.





Juni 2008
  • Spanyol berhasil mewujudkan impian selama 44 tahun. Setelah paceklik gelar Internasional sejak 1964, dalam partai puncak EURO 2008 yang mempertemukan Spanyol dan Jerman pada tanggal 29 Juni 2008, El Matador akhirnya bisa mengakhiri mimpi buruk itu dengan menjadi juara Piala Eropa 2008 usai menaklukan Jerman 1-0. Fernando Torres menjadi pahlawan Spanyol dalam pertandingan di Stadion Ernst Happel ini. Striker Liverpool itu mencetak gol kemenangan pada menit ke-32.
  • Harga minyak mencapai titik tertinggi pada 11 Juli 2008 dengan harga US$ 147 dolar per barel. Merupakan kenaikan tertinggi sejak terjadinya krisis minyak pada dekade 70-an dan 80-an.


Juli 2008
  • Komisi Pemilihan Umum mengumumkan sebanyak 34 parpol telah selesai diverifikasi dan berhak mengikuti pemilihan umum legislatif Indonesia 2009.




Agustus 2008
  • Olimpiade Musim Panas 2008 yang diadakan di Beijing di gelar. Dibuka dengan tanggal istimewa 08-08-08, tuan rumah China berhasil menjadi juara umum dengan mengumpulkan 51 medali emas dan total medali keseluruhan 100 medali. Sementara Michael Phelps dari Amerika Serikat menjadi Olimpiawan yang memperoleh medali terbanyak sepanjang sejarah, paling banyak merebut medali pada satu Olimpiade, dan paling banyak memecahkan rekor pada Olimpiade. Indonesia meraih posisi ke-42 dengan peraihan 1 medali emas, 1 perak, dan 3 perunggu.
September 2008
  • Lehman Brothers, perusahaan bank investasi terbesar keempat di AS, meminta perlindungan atas kebangkrutan. Hal ini memicu ketakutan yang mengakibatkan jatuhnya harga saham di pasar-pasar utama AS, Eropa, dan Asia.

  • Penulis buku Andrea Hirata mengaku takjub setelah melihat film Laskar Pelangi karya sutradara Riri Riza, yang merupakan adaptasi dari buku karangannya yang berjudul sama. Film Laskar Pelangi berkisah tentang perjuangan 2 guru SD Muhammadiyah dan sepuluh muridnya untuk bertahan agar mendapatkan pendidikan. Cerita Laskar Pelangi berlatar belakang kehidupan di Pulau Belintung pada pertengahan tahun 1970an. Novel Laskar Pelangi merupakan karya best seller yang berisi kisah anak-anak Belitung yang inspiratif, penuh semangat, dan kemauan untuk bekerja keras.
Oktober 2008
  • Pesta olahraga pantai terbesar dan pertama di Asia, Asian Beach Games, digelar di Bali, Indonesia dan berlangsung dari 8 hingga 26 Oktober 2008. Diikuti oleh 45 negara dan wilayah di seluruh penjuru Asia. Indonesia menjadi juara umum dengan 23 medali emas. Posisi kedua dan tiga ditempati Thailand dan Korea Selatan. Sementara itu atlet Suriah, Mohammad Shaleh terpilih sebagai atlet terbaik Asian Beach Games2008. Peraih 2 emas cabang marathon swimming ini berhasil menyingkirkan 8 kandidat lainnya.
November 2008
  • Seperti yang telah diprediksi banyak kalangan, Barack Obama akhirnya berhasil mengukir sejarah baru di AS. Politikus berkulit hitam yang berumur 47 tahun itu berhasil membuktikan kalau perbedaan ras tak mampu menghalangi dirinya untuk memimpin negeri adidaya itu. Obama mengalahkan rivalnya John Mc Cain dengan meraih 324 suara atau melebihi batas suara yang ditentukan yakni 270 suara. Saat dilantik pada Januari 2009 nanti, Obama akan menjadi presiden ke-44 yang menduduki Gedung Putih, sekaligus menjadi presiden kulit hitam pertama di Negara yang pernah dilanda isu rasial itu. Obama dikenal berlatar belakang multi entnik dan multi cultural. Dan baru kali ini pula pemilihan presiden AS disambut antusias warga dunia termasuk Indonesia.
  • Setelah enam tahun, satu bulan, 27 hari pascakejadian bom Bali 1, tiga terpidana kasus bom Bali 1: Amrozi, Imam Samudera, dan Ali Ghufron dieksekusi di hadapan regu tembak pada Sabtu 8 November 2008 tengah malam di Lapangan Nirbaya, Nusakambangan, Cilacap. Mereka dieksekusi pada pukul 23.50 WIB.
Desember 2008

  • Gencatan senjata antara kelompok pejuang Palestina Hamas dan Israel yang berlaku selama enam bulan berakhir pada 19 Desember 2008. Israel langsung menggempur wilayah Hamas di Jalur Gaza yang mengakibatkan lebih dari 300 warga sipil tewas. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengecam aksi tersebut yang dinilai telah merusak tahun baru Islam 1430 Hijriah.

0 Comments:

Posting Komentar