Happy New Year 2009 : “Tum Spiro, Spero !!!!”

Tanpa terasa kita semua telah memasuki tahun 2009. Tiba saatnya kita jelang tahun baru dengan semangat baru. Dimana ini merupakan momentum yang tepat untuk kita merenungkan segala peristiwa yang terjadi selama tahun 2008, dengan harapan agar di tahun 2009 menjadi lebih baik.Berbagai aktivitas telah kita jalani di sepanjang tahun 2008. Tentu ada yang sesuai dengan harapan ada juga yang tidak. Semua itu sesungguhnya bermuara atau kembali lagi pada diri kita masing-masing.

Ada baiknya kita melihat kembali ke dalam diri kita, mengevaluasi untuk memperbaiki dan memotivasi diri dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan. Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa Anda cermati untuk menghadapi tahun 2009 ini.

1. Berpikir Bahwa Anda Mampu Meraihnya

Usaha untuk meraih sesuatu yang kita inginkan dalam hidup ini dipengaruhi pula oleh cara berpikir kita terhadap apa yang akan kita raih atau yang kita inginkan.

Norman Vincent Peale mengatakan “Ubahlah cara berpikirmu, maka kau akan mengubah duniamu”, jadi memikirkan apa yang akan kita raih, akan sangat mempengaruhi upaya kita untuk mengubah keadaan hidup kita. Cara berpikir akan mempengaruhi sikap mental kita menghadapi lingkungan yang kurang bahkan tidak mendukung, membangun rasa percaya diri kita dan menegaskan arah yang akan kita tuju dan memberikan bayangan yang jelas tentang apa yang akan kita raih.

2. Belajar Dari Kekalahan

“Jika Anda belajar sesuatu dari kekalahan, sesungguhnya Anda tidak kalah” (Zig Ziglar). Saat Anda “merasa” kalah, carilah penyebab kekalahan tersebut dan ambil pelajaran dari kekalahan itu. Pasti ada hikmah dari setiap kejadian, walau di beri nama “kalah”.

3. Merencanakan Segala Sesuatu Dengan Sebaik-Baiknya

Rahasi selanjutnya adalah tentang apapun yang akan kita raih, apapun tujuan kita, apapun impian kita, kalu tidak kita rencanakan dengan baik semua akan tinggal kenangan, kalaupun terwujud, akan membutuhkan waktu yang lama dan melalui jalan yang panjang. Meminjam kalimat bijak Antoine de Saint, “tujuan tanpa perencanaan hanyalah sebuah harapan. Buatlah rencana untuk memulai sebuah perjalanan”.

4. Bertindak Dengan Penuh Keyakinan

Ketiga poin di atas telah menunjukan sikap mental yang Anda butuhkan untuk membangun motivasi dari dalam diri Anda sendiri, maka pada poin yang ke empat ini, saatnya Anda bertindak dengan penuh keyakinan. Anda harus melakukan sesuatu untuk tetap menjaga motivasi Anda agar tidak menjadi sesuati yang sia-sia sekaligus agar apa yang Anda inginkan tercapai serta membuat hidup Anda menjadi lebih baik. Ingat, tak ada apapun yang akan berubah bila Anda tidak melakukan sesuatu.

5. Pelaut Tangguh

Hidup adalah rangkaian masalah, jika kita melihatnya sebagai masalah. Hidup adalah rangkaian tantangan, jika kita melihatnya sebagai peluang. Tantangan penting untuk oto pikiran. Tantangan membuat kita kreatif. Bersyukurlah jika kita mempunyai tantangan. Karena artinya kita memiliki peluang.

Pepatah kuno mengatakan : “Lautan yang tenang, tidak menghasilkan pelaut yang tangguh”. Hasil penelitian mengatakan bahwa ketekunan, keuletan, kegigihan akan membuat otot di seluruh tubuh kuat, baik otot badan, otot tangan, otot kaki, bahkan “otot” di otak kita. Yang paling penting adalah membuat kuat otot pikiran kita.

“Anda tidak mungkin memahami Work Smart, sebelum Anda memiliki mental Work Hard”.


“Tum Spiro, Spero”....
"Selama Kita bernafas, Kita berusaha”...

Ok… Itulah beberapa hal yang bisa Anda cermati di awal tahun 2009 ini. Semoga bisa membantu Anda untuk membawa hidup Anda menjadi lebih baik di tahun 2009 ini.

THINK SMART FOR A BETTER LIFE!!!!!

0 Comments:

Posting Komentar